Festival Film Indonesia Hari Kedua dan Ketiga

Hari kedua Festival Film Indonesia,  Minggu, (17/7)  telah diputar film Euphoria (14.00) dan film Garasi (16.30) di Cinemart Shinsaibashi, Osaka. Pemutaran film secara gratis ini diselenggarakan dalam rangka Indonesian Film Festival 2011 yang diadakan pada libur panjang Jepang tanggal 16-18 Juli 2011.

Film Euphoria yang merupakan film independen produksi Imaginarium Entertainment menceritakan 4 anak muda dengan permasalahannya masing-masing yang tergabung dalam pembuatan teater Srikandi dalam upaya mencari jati diri. Sedangkan fllm Garasi produksi Miles Films menceritakan 3 anak muda yang mencintai musik dan membentuk grup band Garasi menghadapi berbagai ujian saat band tersebut mulai populer, termasuk mengenai masalah keluarga, persahabatan, percintaan, dll.

Hampir seluruh kursi di Screen 1 Cinemart Shinsaibashi yang memiliki kapasitas 104 kursi dipenuhi oleh penonton. Sebagian besar penonton telah memesan kursi beberapa minggu sebelumnya sedangkan sebagian lagi datang pada hari H. Para pengunjung terdiri dari berbagai kalangan usia yang merupakan pecinta Indonesia, pecinta film, pelajar jurusan bahasa/budaya Indonesia, maupun warga Indonesia yang telah lama tinggal di Jepang.

Selanjutnya pada hari terakhir  (Senin, 18/7) yang bertepatan dengan libur nasional Jepang,  diputar 2 film berjudul Ada Apa Dengan Cinta (14.00) dan Pasir Berbisik (16.30).  Meskipun pada hari ketiga pemutaran film di Osaka turun hujan akibat akan ada typhoon, ternyata para penonton tetap banyak yang hadir. Untuk film AADC, sejak beberapa minggu sebelum acara dimulai sudah banyak orang yang memesan tempat. Tampaknya film ini cukup banyak dikenal karena pernah diputar di bioskop Jepang dengan judul Beautiful Days. Setelah menonton, para penonton pun mengatakan senang dan membuka persepsi mereka mengenai Indonesia dan generasi muda yang modern.  Mereka juga terkesan dengan keindahan  dan  akting yang ditampilkan dalam film Pasir Berbisik.

Selama 3 hari pemutaran film Indonesia, Mereka senang sekali karena dapat menonton film Indonesia yang selama ini tidak pernah diputar di bioskop Jepang sehingga dapat melihat kondisi Indonesia yang sebenernya dan kualitas perfilman Indonesia yang tidak kalah dengan negara lain. Para penonton pun mengatakan berharap untuk bisa kembali menonton film Indonesia lainnya.

Acara ini baru pertama kalinya diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Osaka (KJRI Osaka) dan bekerjasama dengan Garuda Indonesia Perwakilan Osaka. Film-film yang diputar adalah hasil kerjasama dengan Miles Films dan beberapa industry perfilman Indonesia lainnya. Sedangkan film yang digunakan untuk diputar dalam acara ini dipinjam dari industri perfilman di Jepang yang menyimpan film-film tersebut, seperti dari Iwanami Hall, Eden Entertainment, Japan Cinema Community Center dan NHK.

Selain menonton film Indonesia, para pengunjung juga diminta untuk mengisi angket dan hasilnya akan diundi untuk mendapatkan 1 tiket gratis Garuda Indonesia. Pengundian pemenang akan dilakukan setelah acara Festival Film berakhir dan pemenangnya akan dihubungi langsung oleh Garuda Indonesia.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Kegiatan, Pengumuman. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>