Warga Osaka Tertarik Menonton Film Indonesia

Menonton film Indonesia tentunya bukan hal yang asing lagi bagi kita, tapi menonton film Indonesia di bioskop Jepang merupakan hal yang jarang terjadi.

Mulai tanggal 16 hingga 18 Juli, baik warga Jepang maupun warga Indonesia yang ada di Osaka dan sekitarnya bisa menikmati film-film Indonesia di gedung bioskop Cinemart Shinsaibashi, Osaka secara gratis. Dalam 1 hari penonton bisa menikmati 2 film Indonesia. Film-film yang diputar dalam acara ini adalah film Langitku Rumahku, Daun di Atas Bantal, Garasi, Ada Apa Dengan Cinta, Pasir Berbisik, dan 1 film independen berjudul Euphoria.

Acara menonton film Indonesia ini diadakan dalam rangka Festival Film Indonesia yang diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal RI di Osaka bekerjasama dengan Garuda Indonesia perwakilan Osaka. Tujuan penyelenggaraan festival ini adalah untuk  mempromosikan Indonesia. Sekaligus memperingati HUT RI ke-66.

Untuk Festival Film yang pertama kalinya diselenggarakan di Osaka ini, KJRI Osaka mendapatkan dukungan dari Miles Films, Christine Hakim Film, Eka Praya Tata Cipta Film, dan Imaginarium Entertainment untuk perijinan pemutaran film-film mereka. Selanjutnya film-film yang digunakan dalam festival ini dipinjam dari beberapa lembaga perfilman yang ada di Jepang seperti Iwanami Hall, Japan Cinema Community Center, NHK, dan Eden Entertainment.

Dalam acara pembukaan yang diadakan di dalam bioskop Cinemart, Konjen RI Osaka, Ibnu Hadi, menyampaikan apresiasinya kepada para hadirin yang telah datang untuk menikmati film-film Indonesia. Diharapkan masyarakat Jepang dapat lebih mengenal Indonesia dan tertarik untuk berkunjung ke Indonesia. Selain menonton film Indonesia, para pengunjung juga bisa menikmati kue-kue Indonesia dan berkesempatan memenangkan doorprize 1 tiket Garuda Indonesia.

Memang antusiasme warga setempat untuk datang ke Festival dan menonton film Indonesia sangat tinggi. Sejak beberapa minggu sebelum acara, mereka sudah menelepon untuk memesan tempat hingga seluruh bangku bioskop pun penuh terpesan. Beberapa orang bahkan rela untuk menonton sambil berdiri di bagian paling belakang.

Setelah menonton film, mereka mengatakan ingin menonton film-film Indonesia lainnya dan berharap acara seperti ini dapat dilaksanakan secara regular dengan menghadirkan film-film Indonesia terbaru.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Kegiatan, Nusantara, Pengumuman. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>