Gubernur Osaka Tingkatkan Kerjasama dengan Indonesia

Gubernur Osaka, Mr. Toru Hashimoto, didampingi Konsul Jenderal Osaka, Ibnu Hadi, melakukan kunjungan ke Jakarta dan Surabaya pada tanggal 14-18 Juni 2011 dalam rangka promosi Osaka. Gubernur Hashimoto membawa 40 delegasi yang terdiri dari pejabat Osaka Chamber of Commerce and Industry (OCCI) dan pejabat Prefektur Osaka, 21 pengusaha, serta 7 wartawan.

Dalam kunjungannya di Jakarta, Gubernur Osaka bertemu dengan Wakil Menteri Perindustrian, Prof.Dr. Alex S.W. Retraubun M.Sc. Ia menyampaikan kondisi Osaka yang aman dari bencana tsunami bulan Maret lalu dan mengharapkan peningkatan kerjasama ekonomi.

Wamenperin menyampaikan mengenai Master Plan dalam rangka percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia (MP3EI) yang dicanangkan oleh Presiden RI. Wamenperin juga menekankan pentingnya kerjasama pembangunan infrastruktur.

Setelah pertemuan dengan Wakil Menperin, diselenggarakan seminar promosi Osaka yang dihadiri sekitar 100 pengusaha Indonesia. Dalam sambutannya, Ketua Umum Perhimpunan Persaudaraan Indonesia-Jepang (PPIJ), Rachmat Gobel, menyampaikan harapan agar program kunjungan Gubernur Osaka ini dapat menghasilkan pertukaran bisnis dan hubungan yang berkesinambungan. Gubernur Osaka dan Direktur Eksekutif OCCI menjelaskan mengenai strategi pertumbuhan Osaka serta Plan for Osaka Metropolis of Endless Visitors.

Sementara itu, para pengusaha yang tergabung dalam rombongan Gubernur mengadakan kunjungan ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Japan External Trade Organization (JETRO), serta mengikuti business matching dengan sekitar 100 pengusaha Indonesia. Dari hasil business matching, diperoleh 80 potensi kerjasama bisnis antara perusahaan Indonesia dan Osaka.

Gubernur Osaka juga berkesempatan mengunjungi Monas serta SMP dan SMA Labschool Kebayoran, serta berkunjung ke Kantor Pusat PT Garuda Indonesia untuk membahas upaya peningkatan kerjasama, salah satunya mengenai kemungkinan rute penerbangan langsung Jakarta-Osaka yang dianggap penting untuk meningkatkan bisnis.

Di Surabaya sendiri, Gubernur Hashimoto menghadiri jamuan makan malam Sekretaris daerah Provinsi Jawa Timur, Bapak Dr. H. Rasiyo. Dalam sambutannya, Sekda Jatim menyampaikan keinginannya agar terjalin kerjasama antara Jawa Timur dan Osaka dalam program short course, khususnya bagi Pegawai Negeri sipil (PNS) di bidang perencanaan kota. Gubernur Hashimoto pun menyambut baik hal tersebut.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Nusantara, Pengumuman. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>