Pagelaran Tari Jawa dan Wayang Kulit Tirto Kencono

Tanggal 12 Juni 2011 di Koka City, Shiga, KJRI Osaka bekerjasama dengan grup gamelan Tirto Kencono dan Garuda Indonesia Osaka telah menyelenggarakan pentas gamelan yang diberi tema *Indonesia Java Gamelan Ensemble. *Pentas gamelan ini merupakan pentas tahunan yang ke-8 kalinya diadakan di Koka City, Shiga.

Koka City merupakan kota kecil yang berada di Shiga Prefecture. Di kota ini, seorang pendeta bernama Iwai Sensei mendirikan grup gamelan yang diberi nama Tirto Kencono. Berdirinya grup gamelan ini tidak lepas dari peran serta Prof. Shin Nakagawa, seorang pengajar di Osaka City University yang telah mendalami gamelan selama lebih dari 30 tahun.

Pentas gamelan di Koka City merupakan pentas yang sangat diminati penduduk Koka City. Antusiasme pengunjung terlihat dengan dipadatinya Hekisui Hall oleh kurang lebih 300 orang. Selain pentas gamelan dan tari Jawa, juga dipersembahkan kolaborasi gamelan dengan pemain biola dan cello serta pertunjukkan wayang kulit dengan cerita rakyat Jepang. Para pengunjungn juga dapat menikmati makanan ringan seperti tempe goreng, bahan makanan dan kerajinan tangan khas Indonesia.

Pada pentas kali ini, para pengunjung juga berkesempatan mendapatkan 1 hadiah tiket pesawat Osaka-Denpasar pp yang merupakan kontribusi dari kantor Garuda Indonesia di Osaka.

Menurut pandangan kami di Jepang, gamelan Jawa merupakan alat musik tradisional Indonesia yang mempunyai peminat cukup banyak. Khususnya di Jepang Barat terdapat West Japan Gamelan Network, sejenis perkumpulan grup-grup gamelan Jawa yang berada di Jepang Barat yang dibentuk oleh Prof. Shin Nakagawa. Kami menganggap perkembangan gamelan Jawa di Jepang sangat penting dalam rangka promosi Indonesia. Oleh karena itu, KJRI Osaka senantiasa mendukung setiap kegiatan gamelan yang kaya akan tradisi dan nuansa tradisionalnya.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Kegiatan, Nusantara, Pengumuman. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>