Indonesia Miliki Daya Tarik bagi Investasi Jepang

Indonesia memiliki berbagai potensi yang menarik bagi investasi. Hal ini dijelaskan oleh Duta Besar RI untuk Jepang dalam seminar “Progressing Indonesian Economy and ASEAN” di Osaka, 13 Mei 2011. Acara ini diselenggarakan oleh SMBC Consulting Co. Ltd., bekerjasama dengan Kedutaan Besar RI di Tokyo dan Konsulat Jenderal RI di Osaka.

Menurut Duta Besar Muhammad Lutfi yang membawakan presentasi berjudul “Investing in Indonesia: Potentials and Attractiveness”, stabilitas politik, kondisi ekonomi, pertumbuhan pasar, infrastruktur, sumber daya alam serta iklim investasi di Indonesia sangat menunjang bagi investasi Jepang ke Indonesia.

Dijelaskan pula mengenai tren pertumbuhan ekonomi, dimana kawasan Asia Pasifik merupakan kawasan dengan pertumbuhan ekonomi paling tinggi di dunia. Pertumbuhan negara-negara seperti China, India dan Indonesia memberi pengaruh terhadap peningkatan jumlah kelas menengah di kawasan. Hal ini tentunya merupakan potensi bagi perluasan usaha di Indonesia.

Selain Duta Besar RI, juga hadir pembicara dari Indonesia yakni Direktur Investasi Pemasaran dan Humas Badan Pengusahaan Batam, Rustam Hasiholan Hutapea dan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemda Jawa Timur, Hadi Prasetyo. Mereka masing-masing membawakan presentasi mengenai investasi di Batam dan Jawa Timur.

Dalam kesempatan ke Osaka, Duta Besar Muhammad Lutfi juga melakukan courtesy call ke Gubernur Osaka, Toru Hashimoto. Pertemuan dengan Gubernur Osaka ini didampingi oleh Konsul Jenderal RI di Osaka, Ibnu Hadi. Dalam upaya mempererat hubungan kedua wilayah, Gubernur Osaka beserta rombongan pengusaha dari Osaka akan melakukan kunjungan kerja ke Jakarta dan Surabaya pada tanggal 14-18 Juni 2011.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Nusantara, Pengumuman. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>