Galang Dana Gempa Tohoku Melalui Pentas Seni Indonesia

Untuk menyambut libur panjang “Golden Week” di Jepang, KJRI Osaka menggelar pentas seni Indonesia sekaligus penggalangan dana untuk korban gempa Tohoku sejak tanggal 2 hingga 5 Mei 2011. Acara ini diselenggarakan di beberapa kota di wilayah Kansai, Jepang atas kerjasama dengan Pemda Kabupaten Jembrana dan berbagai pihak terkait.

Selama pentas seni, ditampilkan pertunjukan tari dan musik dari tim kesenian Sanggar Kumara Widya Suara Kabupaten Jembrana. Mereka beranggotakan 6 siswa SMPN 4 Mendoyo yang tampil dengan lincah dan memukau membawakan kesenian Bali tradisional maupun modern.

Pada hari pertama, pentas seni diselenggarakan di kota Osaka. Selain Sanggar Kumara Widya Suara, juga tampil anak-anak Indonesia dengan tarian Ronggeng Betawi, kelompok BIP Band yang beranggotakan mahasiswa Indonesia dari Kobe University, serta warga Indonesia yang membawakan tari Merak.

Di pertengahan acara, diedarkan kotak penggalangan dana bagi korban gempa Tohoku. Sekitar 150 orang yang hadir dalam pertunjukan ini pun turut memberikan sumbangan yang hasilnya akan disampaikan melalui Palang Merah Jepang.

Sedangkan pada hari kedua, digelar pertunjukan “Love for Tohoku” di kota Kyoto yang diselenggarakan bekerjasama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia Kyoto. Untuk acara ini, panitia menggalang dana dengan menjual tiket seharga \1.000 per orang. Sekitar 400 orang hadir memenuhi ruangan pertunjukan.

Selain pertunjukan dari daerah Bali, para penonton disuguhi penampilan dari para mahasiswa Indonesia dalam bentuk tari dan musik dari berbagai daerah di Indonesia. Dalam beberapa kesempatan ditayangkan pula pesan-pesan dari Indonesia bagi korban gempa Tohoku. Semua berharap agar Jepang dapat segera bangkit kembali dari bencana yang terjadi 1,5 bulan lalu. “Melalui kegiatan seni budaya ini, diharapkan tidak hanya memperkenalkan Indonesia namun juga bisa mempererat hubungan antara kedua negara dan memberikan kontribusi bagi korban bencana Tohoku”, tutur Konjen RI Osaka, Ibnu Hadi.

Dalam 2 hari mendatang, Sanggar Kumara Widya Suara akan tampil di kota Sakai dan di kota Osaka untuk mengisi acara UNICEF Children’s Day Charity Event. Selanjutnya, mereka akan berkunjung ke SD Shinonome di Hiroshima yang merupakan sister school SMPN 4 Mendoyo. Dalam kunjungan ke Hiroshima nanti diharapkan kedua sekolah dapat meningkatkan kerjasama yang selama ini telah terbina.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Kegiatan, Nusantara. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>