Pelayanan Kekonsuleran di Hiroshima

Guna menjangkau masyarakat Indonesia yang berada di wilayah Prefektur Hiroshima yang berlokasi cukup jauh dari KJRI Osaka dan biasanya sibuk dengan rutinitas sehari-hari, KJRI Osaka menyelenggarakan acara temu masyarakat dan  pelayanan kekonsuleran pada akhir pekan tanggal 16 dan 17 April 2011.

Kegiatan tersebut dimulai pada hari Sabtu, 16 April 2011, di daerah Innoshima, kota Onomichi. Pertemuan ini dihadiri oleh sekitar 80 orang yang sebagian besar adalah tenaga kerja Indonesia yang bekerja di beberapa galangan kapal yang berlokasi di Onomichi. Dalam acara tersebut hadir juga General Manager IM Japan, organisasi penyalur tenaga kerja wilayah Hiroshima beserta staf. Dalam kesempatan ini, Konjen RI mengingatkan agar para pekerja Indonesia senantiasa bekerja dengan sungguh-sungguh disertai kesiagaan penuh dan kehati-hatian guna menghindari kecelakaan kerja, mengingat jenis pekerjaan mereka yang memiliki tingkat risiko kecelakaan cukup tinggi karena menggunakan alat-alat berat, mesin potong baja dan pengelasan.

Sementara Konsul Konsuler memberikan masukan-masukan seputarmasalah keimigrasian, taat hukum dan hal-hal menyangkut hidup aman dan nyaman di luar negeri. Diharapkan juga mereka bisa memiliki paguyuban masyarakat Indonesia, antara lain agar memudahkan koordinasi dan penyebaran informasi-informsi.  Acara pun berakhir pada pukul23.00 waktu setempat.

Keesokan harinya, tanggal 17 April 2011 pukul 10.00, bertempat di ruang pertemuan umum Pemda Mihara diselenggarakan juga temu masyarakat dengan sekitar 100 orang WNI. Di daerah Mihara ini, kebanyakan dari mereka adalah masyarakat Indonesia keturunan Jepang. Selain arahan dari Konjen RI, dilakukan pula dialog dan tanya jawab di segala bidang dalam suasana yang akrab dan meriah. Pada kesempatan ini dilakukan pula pemberian pelayanan kekonsuleran yang dimanfaatkan oleh tidak hanya masyarakat Indonesia di Mihara, tetapi juga mereka yang bermukim di wilayah yang bersebelahan dengan Mihara.

Pada pertemuan kali ini, warga Indonesia yang hadir sempat melakukan pengumpulan dana untuk disumbangkan ke wilayah bencana di Sendai melalui Palang Merah setempat. Acara berjalan lancar meriah penuh keakraban dan berakhir pada pukul 15.00 waktu setempat.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Kegiatan, Nusantara. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>