Pertemuan dengan WNI dan Warga Jepang di KJRI Osaka Mengenai Dampak Gempa dan Radiasi

Tanggal 20 Maret 2011 KJRI Osaka kembali mengadakan pertemuan dengan WNI di wilayah Kansai, sebagai tidak lanjut dari pertemuan tanggal 18 Maret 2011 lalu.  Pertemuan membahas dampak pasca gempa dan tsunami di wilayah Tohoku, khususnya dampak dari kerusakan PLTN Fukushima. Pertemuan ini dihadiri oleh sekitarr 50 WNI dari berbagai kalangan serta perhimpunan persahabatan Indonesia dan warga Jepang pecinta Indonesia.

Konjen RI menyampaikan bahwa WNI di wilayah Jepang Barat, dan Kansai khususnya, tidak perlu mengkhawatirkan dampak kerusakan PLTN Fukushima, mengingat jaraknya yang jauh dari Osaka, yaitu sekitar 800 km. Mr. Kazufumi Nagashima yang bekerja pada divisi nuklir di Kansai Electric Power Co. Inc. menambahkan bahwa tingkat radiasi yang terpantau saat ini di sekitar PLTN Fukushima sangat kecil. Untuk itu, WNI perlu menyikapi secara hati-hati pemberitaan media massa dan beberapa email yang masuk yang terkadang berlebihan.

Meskipun demikian, langkah antisipatif perlu diambil, dalam kaitannya dengan kemungkinan evakuasi masyarakat di wilayah Jepang Utara dan Tokyo. Langkah-langkah tersebut antara lain mengidentifikasi tempat-tempat yang mungkin dijadikan tempat penampungan sementara. Langkah-langkah yang diambil oleh masyarakat hendaknya dikoordinasikan dengan KJRI Osaka.

Perwakilan dari para perawat/caregiver Indonesia juga menyatakan siap membantu masyarakat apabila diperlukan.

Terhadap WNI yang berada di wilayah Jepang Barat ditekankan kembali bahwa kondisi saat ini dalam keadaan aman dan agar warga tetap tenang. Warga Indonesia diharapkan untuk mengecek kembali dokumen perjalanan mereka, seperti paspor dan exit permit sehingga siap dalam berbagai kondisi, serta diharapkan untuk melapor diri dan mengisi data diri selengkap-lengkapnya sehingga dapat mudah dihubungi. Lapor diri dapat dilakukan secara online dengan mengakses website KJRI Osaka: www.indonesia-osaka.org.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Nusantara, Pengumuman. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>