Informasi Terkait Krisis Radiasi Nuklir di Jepang

Terkait dengan ancaman radiasi nuklir akibat kerusakan PLTN di Fukushima, sampai saat ini wilayah Jepang Barat dalam kondisi yang aman. Hal senada disampaikan pula oleh pihak KBRI Tokyo、 sesuai dengan rekomendasi ahli nuklir Indonesia yang menyatakan bahwa kondisi Tokyo saat ini masih jauh dari batas bahaya meskipun kita tetap diminta waspada dan senantiasa mengikuti perkembangan yang ada.  Pemerintah Jepang juga mengeluarkan pernyataan bahwa tingkat radiasi di kota Tokyo mengalami peningkatan namun tidak pada batas yang membahayakan kesehatan. Mengenai batas aman, pemerintah Jepang melakukan evakuasi penduduk yang berada dalam jarak 20 km dari PLTN yang mengalami kerusakan dan menghimbau penduduk yang tinggal dalam jarak antara 20 hingga 30 km untuk tetap tinggal di dalam rumah.

Dalam hal ini, pihak KJRI Osaka juga banyak menerima telepon dari WNI di Jepang maupun di Indonesia mengenai kekuatiran ancaman radiasi nuklir serta kemungkinan untuk mengungsi ke Osaka maupun kembali ke Indonesia melalui Osaka. Terhadap kondisi ini disampaikan hal-hal sbb:

1.    WNI yang berada di wilayah Tokyo diharapkan untuk menghubungi KBRI Tokyo apabila ingin mengungsi ke penampungan di SRIT, dan terus berkomunikasi dengan KBRI Tokyo terkait kondisi terakhir radiasi yang dikeluarkan oleh PLTN Fukushima.

2.    KJRI Osaka secara terus menerus memantau kondisi Tokyo sambil menunggu pengumuman resmi dari pemerintah Jepang untuk mengambil langkah yang tepat demi memberikan perlindungan bagi WNI yang ada di Jepang.

3.    Sebagi bentuk dukungan pada usaha perlindungan korban bencana oleh KBRI, KJRI telah mengirimkan logistik berupa bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

4.    Apabila ada WNI yang telah berada di Osaka terkait dengan bencana yang terjadi mohon menghubungi KJRI Osaka

5.    Pihak KJRI bersama KBRI menyediakan layanan Hotline 24 jam dengan nomor berikut:

Call Center KBRI Tokyo :

+ 819031324994

SMS Center KBRI Tokyo :

+ 818035068612

Call Center KJRI Osaka :

+81-6-6232-9827

Demikan informasi ini disampaikan.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Nusantara, Pengumuman. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>