Seminar Indonesia-Japan Economic Agreement

KJRI Osaka, bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Osaka City, Osaka International Business Promotion Center, dan Japan Chamber of Commerce telah menyelenggarakan “Seminar Japan-Indonesia Economic Relation: After the Implementation of Indonesia – Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA)” di Sansokan Building, Osaka pada tanggal 9 Maret 2011.

Seminar ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai perkembangan ekonomi Indonesia dan hubungan ekonomi Indonesia-Jepang serta perkembangan implementasi Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA). Seminar dihadiri oleh 110 peserta dari berbagai kalangan di Jepang.

Pada sambutannya, Konjen RI menyampaikan paparan mengenai hubungan ekonomi yang erat antara Indonesia dan Jepang, serta manfaat IJEPA bagi kedua negara. Hadir pula sebagai pembicara Edi Sulaeman Kepala perwakilan Bank Indonesia di Tokyo, Syarif Hidayat Atase Keuangan KBRI Tokyo, Junichiro Suzuki Assistant Director for EPA, METI Kinki, Tatsuhiko Hosobuchi Manager Daihatsu Motor Co.Ltd, dan Hideki Ijuin General Manager Planning Division Toray Corporation.

Dari pembahasan Seminar, semua pihak setuju bahwa IJEPA telah memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, antara lain dengan meningkatnya nilai perdagangan. Ke depannya, diharapkan lebih banyak lagi kalangan dunia usaha yang dapat memanfaatkan IJEPA.  IJEPA ditandatangani oleh Presiden RI dan Perdana Menteri Jepang saat itu, Shinzo Abe, pada tanggal 20 Agustus 2007 dan mulai berlaku pada 1 Juli 2008.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Kegiatan, Nusantara. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>