Peringatan Hari Ibu ke-82 di Osaka

Dalam rangka peringatan Hari Ibu yang ke-82, KJRI Osaka mengadakan upacara pada tanggal 22 Desember 2010 di lobi KJRI Osaka. Upacara ini dihadiri oleh sekitar 30 peserta yang terdiri dari seluruh staf KJRI Osaka, pengurus dan anggota DWP KJRI Osaka dan para undangan dari masyarakat Indonesia dan Jepang.

Dalam sambutannya, Konjen RI di Osaka menyampaikan bahwa Indonesia telah mencapai kemajuan dalam proses peningkatan peran dan kedudukan kaum perempuan. Di KJRI Osaka sendiri, dibandingkan pada masa penugasan sebelumnya di Osaka tahun 1996-2000, saat ini telah ditempatkan pejabat diplomatik perempuan dan hampir setengah dari jumlah local staff keseluruhan adalah perempuan.

Meskipun kemajuan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki telah meningkat pesat, Konjen RI Osaka menyatakan agar kita tidak hanya mengejar segi kuantitas namun juga kualitas. Selain itu, perlu juga ditingkatkan produktivitas dan adanya keseimbangan antara hak dan kewajiban. Bertepatan dengan pelaksanaan upacara di akhir tahun, Konjen RI mengajak agar seluruh peserta melakukan perenungan dan refleksi mengenai hal-hal yang telah dilakukan selama tahun 2010 sehingga di tahun mendatang dapat semakin meningkatkan kinerja dan produktivitas demi tercapainya pembangunan bangsa dan negara Indonesia yang sehat, bermartabat, adil makmur dan sejahtera.

Selain memperingati Hari Ibu yang ke-82, pada kesempatan kali ini diperingati pula Hari Ulang Tahun Dharma Wanita Persatuan ke-11. Pada acara terakhir, dilakukan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan KJRI Osaka dan diberikan kepada ibu Sachiko Tsutaya yang banyak berjasa dalam berbagai kegiatan untuk meningkatkan hubungan antara Indonesia dan Jepang khususnya di wilayah Kansai, Jepang Barat.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>