Wakil Presiden Boediono Kunjungi Institusi Bencana di Kobe

Tanggal 16 November 2010, Wakil Presiden Boediono dan beberapa Menteri mengadakan kunjungan ke Disaster Reduction and Human Renovation Institution (DRI) di Kobe. Kunjungan ini merupakan kunjungan setengah hari yang dilakukan setelah menghadiri Pertemuan APEC di Yokohama.

Begitu menginjakkan kaki di lokasi DRI, Bapak Boediono dan rombongan disambut oleh Wakil Gubernur Prefektur Hyogo dan Executive Director DRI. DRI merupakan institusi yang dibangun untuk mengenang terjadinya gempa Great Hanshin Awaji yang terjadi 15 tahun lalu di wilayah Kobe. Salah satu tujuan dari institusi ini adalah untuk mengajarkan kepada masyarakat mengenai bencana alam sehingga mereka dapat mempersiapkan diri saat terjadi bencana. Institusi ini memiliki berbagai fasilitas, termasuk fasilitas museum yang memperlihatkan pengalaman saat terjadinya gempa di Kobe, sumber dan materi penelitian, serta porgram pelatihan manajemen bencana.

Dalam kunjungan ini, Wakil Presiden Boediono didampingi oleh Menteri Koordinasi Perekonomian, Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian, Menteri Keuangan, Meneg Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, dan beberapa pejabat lainnya termasuk Duta Besar RI untuk Jepang dan Konsul Jenderal RI di Osaka. Selain mengunjungi museum DRI, rombongan juga mendengarkan paparan dari Vice Executive Director DRI, Direktur Jenderal JICA Hyogo, dan Executive Director Asian Disaster Reduction Center (ADRC) mengenai penanganan bencana yang dilakukan oleh masing-masing institusi dan kerjasama dengan Indonesia.

Karena posisi geografis Indonesia yang berada di daerah yang rawan bencana alam dan terjadinya berbagai bencana akhir-akhir ini, Indonesia perlu meningkatkan kapasitas pencegahan, penanganan serta upaya pemulihan bencana. Dari kunjungan kali ini, Wakil Presiden Boediono berharap Indonesia dapat mempelajari penanganan bencana yang dilakukan oleh Jepang dan meningkatkan kerjasama yang telah ada.

Setelah mengunjungi DRI, rombongan pun segera kembali ke Tokyo dan melanjutkan berbagai acara termasuk shalat Idul Adha di Tokyo keesokan harinya.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>