Temu Masyarakat Indonesia (TEMASINDO) 2010

Hari Minggu, 24 Oktober 2010 lalu, masyarakat Indonesia yang tinggal di Osaka dan sekitarnya dihibur oleh pertunjukan musik dari para trainee (kenshusei), pelajar, masyarakat Indonesia, dan band Trivia yang merupakan grup pendatang baru dari Indonesia, dalam acara Temu Masyarakat Indonesia (TEMASINDO).  Hadir pula artis sinetron dan wartawan Trans7 yang meliput acara ini.

Acara dibuka oleh Ibnu Hadi, Konsul Jenderal RI Osaka, dilanjutkan dengan sambutan dari GM Association for International Manpower Development of Medium and Small Enterprises, Japan (IMM Japan) cabang Osaka, dan Konsul Konsuler KJRI Osaka yang mengajak para peserta untuk bersama-sama menyanyikan lagu  Tanah Airku diiringi grup band Trivia.

Acara Temasindo merupakan acara musik tahunan yang digelar KJRI Osaka sebagai ajang pertemuan masyarakat Indonesia yang bermukim di Osaka dan sekitarnya. Pada tahun-tahun sebelumnya, sebagian besar pengisi acara maupun penonton yang hadir adalah para kenshusei. Namun sejak adanya program pengiriman perawat dan caregivers dari Indonesia ke Jepang di bawah payung Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement, banyak pula perawat dan caregivers yang turut berpartisipasi dalam acara ini.

Ternyata para penampil yang kebanyakan kenshusei ini memiliki bakat musik terpendam.  Mulai dari musik pop, rock, jazz, hingga dangdut pun ditampilkan dengan sangat baik layaknya para profesional. Masyarakat yang hadir pun tampak senang bisa menghilangkan kepenatan rutinitas kerja dan bertemu dengan teman-teman sesama warga Indonesia sambil menikmati pertunjukan musik yang ditampilkan oleh rekan-rekan mereka di atas stage. Tidak jarang mereka maju ke depan panggung untuk ikut bernyanyi dan berjoget bersama serta memberikan aplus meriah di setiap penampilan.

Pertunjukan pun semakin seru saat Trivia Band yang menjadi bintang tamu untuk acara ini muncul di atas panggung. Seluruh penonton maju ke depan, dan bahkan ada beberapa yang mencoba naik ke panggung. Tapi para penonton patut diacungi jempol karena hingga acara berakhir mereka tetap menjaga ketertiban.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>