Tatap Muka dan Pelayanan Konsuler di Kameyama, Mie

Tanggal 17 Oktober 2010, KJRI Osaka diwakili oleh Konsul Konsuler dan beberapa staf KJRI Osaka melakukan kunjungan ke Kameyama, Prefektur Mie. Tujuan kunjungan tersebut adalah untuk bertatap muka dengan masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah tersebut, sekaligus berdiskusi mengenai hal-hal yang terkait dengan kekonsuleran.

Pertemuan dilaksanakan siang hari, bertempat di Restoran Jalan-Jalan. Pada kesempatan tersebut, hadir sekitar 80 orang WNI yang menetap di kota Kameyama dan sekitarnya, yang terdiri dari mahasiswa, trainee, pekerja, rohaniawan, dan WNI yang menikah dengan WN Jepang.

Pertemuan dibuka oleh Konsul Konsuler yang antara lain menyampaikan usulan agar masyarakat Indonesia di wilayah Mie memiliki semacam wadah perkumpulan masyarakat Indonesia untuk memudahkan komunikasi satu sama lain. Hal yang sama telah dilakukan di beberapa wilayah, seperti di Hiroshima dan Kobe. Usulan tersebut disambut baik oleh warga yang hadir dan akan dicoba untuk direalisasikan.

Terkait dengan pelayanan kekonsuleran, pada saat pertemuan tersebut sekitar 30 WNI menggunakan kesempatan yang ada untuk melakukan pelaporan diri, pindah alamat, pembuatan paspor baru, dan meminta penjelasan mengenai aplikasi visa bagi warga negara asing yang bersuamikan orang Indonesia.

Secara umum pertemuan berlangsung lancar dan masyarakat Indonesia di wilayah yang dikunjungi sangat mengapresiasi upaya KJRI Osaka untuk langsung mengunjungi WNI di wilayah tempat tinggalnya.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>