Kunjungan Sultan Hamengku Buwono X

Sultan Hamengku Buwono X yang merupakan Gubernur Daerah Khusus Yogyakarta (DIY) berkesempatan berkunjung ke Wisma Konsul Jenderal RI, Kobe hari Minggu, 10 Oktober lalu dan bertemu dengan beberapa perwakilan masyarakat yang ada di wilayah Kobe dan sekitarnya.

Kunjungan Sultan beserta istri dan rombongan pemerintah daerah DIY ke wilayah Jepang Barat ini guna memenuhi undangan perayaan peringatan 1300 tahun pemindahan ibukota Heijokyo di Nara dan menghadiri the First East Asia Local and Regional Government Congress di Nara.

Setelah kegiatan di Nara, Sultan beserta rombongan berkunjung ke Kyoto untuk peringatan 25 tahun sister province DIY dengan Kyoto. Peringatan 25 tahun ini diselenggarakan dalam berbagai acara seperti ceramah di depan asosiasi pengusaha Kyoto, pameran Te-Collabo di pertokoan Isetan yang menampilkan kolaborasi kimono dan aksesoris dengan bahan batik, pameran ikebana serta pertunjukan seni. Untuk pertunjukan seni yang diselenggarakan di Universitas Ritsumeikan tanggal 10 Oktober ini, pihak DIY membawa tim yang terdiri dari 15 orang, termasuk 3 putri Sultan yakni GKR Pembayun, GKR Condrokirono, dan GRAj Nurastuti Wijareni. Para putri tersebut mementaskan tari Bedhaya Sang Amurwabumi yang merupakan kreasi Sultan sendiri.

Sultan berharap agar hubungan antara Yogyakarta dan Kyoto yang telah terjalin ini dapat melibatkan masyarakat sehingga masyarakat dapat turut berpartisipasi dalam peningkatan hubungan kedua wilayah. Sultan juga berharap hubungan kedua wilayah ini dapat memberikan manfaat, seperti yang telah dirasakan Yogyakarta dalam pengiriman pelajar dan guru, konservasi dan reservasi cultural heritage, serta education IT.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>