Mahasiswa RI dari Fukui University Raih Penghargaan Internasional dari LIBS di USA

Satu lagi mahasiswa Indonesia mendapatkan penghargaan tingkat Internasional bidang aplikasi Laser Plasma Spectroscopy atau Laser-Induced Breakdown Spectroscopy (LIBS). Ali Khumaeni, mahasiswa program master dari Fukui University, Jepang, meraih penghargaan best paper untuk kategori postgraduate student dari 6th International Conference on LIBS, Memphis, Tennessee, USA pada 13-17 September 2010.

Konferensi Internasional LIBS merupakan konferensi terbesar bidang laser plasma spektroskopi yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali. Dalam konferensi tersebut, ratusan mahasiswa postgraduate, para ahli LIBS, profesor, dan perusahaan yang bergerak di bidang optik, laser, dan imaging hadir untuk menyampaikan gagasan, ide dan perkembangan serta kemajuan hasil riset terkini bidang LIBS.

Makalah Khumaeni yang berjudul Direct Analysis of Powder Sample Using Transversely Excited Atmospheric CO2 Laser-Induced Metal-Assisted Gas Plasma at 1 atm by Introducing the Powder Particles into the Plasma telah menarik perhatian para juri dan para ahli LIBS untuk memberikan penilaian sebagai makalah dengan orisinalitas terbaik kedua. Menurut Khumaeni, makalah tersebut juga akan disubmit ke Jurnal Internasional Analytical and Bioanalytical Chemistry.

Bagi Khumaeni, penghargaan ini adalah kali kedua setelah sebelumnya mendapatkan penghargaan sebagai Young Scientist Award dari International conference on laser probing di Nagoya, Japan pada October 2008. “Saya sangat bersyukur hasil riset di lab mendapat pengakuan internasional”, kata Khumaeni. Selain di LIBS, ia telah banyak menulis di beberapa jurnal internasional termasuk applied spectroscopy, spectrochemica acta B, current applied physics, dan physics education dan beberapa konferensi internasional yang berhubungan dengan bidang laser plasma spektroskopi.

“Berpartisipasi dalam konferensi internasional akan memberikan nilai yang sangat berharga dalam mengembangkan keilmuan. Selain mengetahui perkembangan terbaru bidang yang sedang kita tekuni, menghadiri konferensi juga bermanfaat untuk membuat jaringan internasional sehingga diharapkan akan memberikan harapan yang lebih baik ke depan” pesan Khumaeni.

Khumaeni mulai mendalami ilmu laser spektroskopi di bawah bimbingan Prof. Dr. Wahyu Setiabudi, seorang profesor di Departemen Fisika Universitas Diponegoro dan Dr. Koo Hendrik Kurniawan, Kepala Maju Makmur Mandiri Research Center (M3RC) Jakarta Barat, yang juga salah seorang peraih penghargaan “Excellent Researchers from Southeast Asia” dari SEA-EU-NET (2009). Di bawah bimbingan Prof. Dr Kiichiro Kagawa dan Prof. Dr Hideaki Niki, saat ini Khumaeni sedang menempuh studi program master dan doktor di Fukui University, Jepang.

Bidang LIBS saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat di benua Amerika dan Eropa. Di Asia, bidang ini mulai menarik perhatian para ilmuwan dari Jepang, Korea, Cina, dan Hongkong. LIBS kini menjadi teknologi alternatif masa depan untuk analisis material semua fase baik padat, cair, maupun gas. Teknologi ini akan sejajar menjadi ‘super star’ dengan metode-metode analisis populer yang lain seperti electrothermal atomization-atomic absorption spectrometry (ETA-AAS), inductively coupled plasma-atomic emission spectrometry (ICP-AES) dan inductively coupled plasma-mass spectrometry (ICP-MS). LIBS telah mulai diaplikasikan sebagai metode analisis atom dan molekul dalam material di semua bidang termasuk pembangkit tenaga nuklir dan industri nuklir, polusi lingkungan, industri makanan, industri obat-obatan (farmasi dan kedokteran), pertanian dan perkebunan, arkeologi, thin film, forensik, safety and security, luar angkasa dan lain-lain.

Ali Khumaeni, Mahasiswa master Universitas Fukui Jepang,
Email address: khumaeni@gmail.com, Telepon: (+81) 90 9442 2109
Data pribadi lengkap ada di www.khumaeni.wordpress.com

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>