Gamelan dan Tari Jawa Dikagumi Masyarakat Jepang Barat

Masyarakat Jepang tentunya telah mengenal Indonesia dan keragaman budayanya, namun banyak dari mereka yang belum pernah melihat pertunjukan seni Indonesia. Hari Sabtu (18/9) di gedung Lovely Hall, Osaka, masyarakat Jepang yang berdomisili di Osaka dan sekitarnya berkesempatan untuk melihat pertunjukan seni musik gamelan dan tari Jawa yang dibawakan oleh Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, berkolaborasi dengan sanggar gamelan Marga Sari. Acara ini diselenggarakan atas kerjasama KJRI Osaka, ISI Yogyakarta, Osaka City University, dan kelompok gamelan Marga Sari yang dikepalai oleh Dr. Shin Nakagawa dan sebagian besar beranggotakan warga Jepang.

Musik gamelan dan tari Jawa ternyata dinikmati oleh warga Jepang.  Dalam pertunjukan Sabtu lalu, para hadirin tampak terlena dengan alunan gendhing Jawa yang dimainkan oleh kelompok ISI Yogyakarta dan Marga Sari. Mereka juga kagum dengan gerakan tari Jawa yang halus, penuh keanggunan dan menampilkan teknik tari yang khusus. Di akhir acara, beberapa penonton mengatakan tertarik untuk mempelajari gamelan serta tari Jawa.

Selain menggelar pertunjukan ini, rombongan ISI Yogyakarta,yang terdiri dari Rektor, serta para kepala jurusan, dosen dan mahasiswa juga memiliki beberapa acara. Di antaranya, Rektor ISI sempat berkunjung ke Kyoto City University of Art dan Osaka City University untuk membahas mengenai beberapa kerjasama. Mereka juga sempat berkunjung dan mengadakan workshop tari dan musik rebana ke 2 Sekolah Dasar di kota Osaka dan kota Sakai, Jepang. Anak-anak SD yang dikunjungi sangat antusias menyambut rombongan ISI Yogyakarta ini. Pada saat workshop pun mereka langsung  maju ke depan untuk ikut menirukan gerak tari yang diajarkan, maupun untuk mencoba alat musik rebana. Pada sesi khusus mengenai pesan dan kesan dari para murid, anak-anak menyampaikan kegembiraan mereka bisa melihat dan mencoba langsung tarian dan alat musik yang ditampilkan. Mereka juga banyak melontarkan pertanyaan mengenai Indonesia dan ingin mempelajari lebih dalam mengenai Indonesia.

Keindahan dan keunikan seni Jawa ini diharapkan dapat merebut simpati masyarakat Jepang dari berbagai kalangan usia, sehingga mereka tertarik untuk lebih mengenal dan mencintai kebudayaan Indonesia.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Kegiatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>