Resepsi Diplomatik Memperingati Kemerdekaan RI ke-65

Tanggal 27 Agustus lalu, dalam rangka memperingati HUT RI ke-65 KJRI Osaka mengadakan resepsi diplomatik di Hyatt Regency Osaka. Acara dihadiri oleh sekitar 450 orang yang terdiri dari pejabat pemerintah, pengusaha, para sahabat Indonesia dan tokoh masyarakat.

Acara diawali dengan sambutan dari Konsul Jenderal RI Osaka yang sekaligus memperkenalkan 13 pemimpin perusahaan Jepang yang merupakan para tamu VIP pada malam itu. Selanjutnya, Duta Besar RI untuk Jepang menyampaikan sambutan, diikuti oleh ucapan selamat dari Gubernur Osaka yang diwakili oleh Wakil Gubernur Osaka, dan Walikota Osaka. Setelah toast yang dilakukan oleh Wakil Ketua Kankeiren, para tamu saling beramah tamah sambil menyantap hidangan malam itu. Sambil beramah tamah, para tamu diiringi alunan musik gamelan dari Hana Joss.

Pada pertengahan acara, Walikota Sakai menyampaikan ucapan selamat atas HUT RI yang ke-65, dan mempersembahkan pertunjukan angklung oleh anak-anak SD Ichi dari kota Sakai.  Angklung yang digunakan oleh anak-anak tersebut merupakan hadiah dari KJRI Osaka, Garuda Indonesia dan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mereka mengenai budaya Indonesia, serta untuk meningkatkan kerjasama Indonesia dengan Jepang, khususnya kota Sakai. Hanya dalam waktu beberapa bulan, anak-anak tersebut sudah dapat memainkan angklung dengan baik dan menghibur penonton malam itu.

Selain acara resepsi, di lobi tempat acara berlangsung dipasang poster, brosur dan beberapa produk dari perusahaan-perusahaan Jepang yang memiliki investasi di Indonesia. Ada pula pameran batik dari Indonesian Trade Promotion Center, Garuda Indonesia, Nusantara Gas dan Gudang Garam yang membagikan produk mereka kepada hadirin.  Acara malam itu diakhiri sekitar pukul 20.45. Para hadirin senang karena telah dapat berkumpul serta memperluas jaringan dengan counterpart mereka.

Foto-foto

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Kegiatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>