Upacara Bendera 17 Agustus 2010

Di tengah teriknya sinar matahari dan di bulan puasa, pada hari Selasa, 17 Agustus 2010, diadakan upacara penaikan bendera dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-65 di Wisma Indonesia, Kobe. Upacara bendera dimulai tepat pukul 8.30 pagi, dihadiri oleh sekitar 80 orang yang terdiri dari perwakilan BUMN yang berada di Osaka, masyarakat Indonesia termasuk yang jauh-jauh datang dari Okayama, serta perwakilan lembaga dan para sahabat Jepang.

Para petugas dalam upacara penaikan bendera kali ini terdiri dari kenshusei dan mahasiswa yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia di Kobe. Untuk mengemban tugas ini dalam 2 bulan terakhir mereka berlatih di bawah bimbingan salah seorang mahasiswa Indonesia di Universitas Kobe yang pernah menjadi anggota pasukan pengibar bendera nasional. Dengan keteguhan mereka berlatih, mereka terbukti berhasil menjalankan tugas pengibaran bendera dengan baik dan lancar.

Dalam amanahnya, Konjen RI Osaka, Ibnu Hadi, antara lain menegaskan berbagai capaian Indonesia dan tantangan ke depan, serta menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah bekerjasama, khususnya selama masa jabatannya sebagai Konjen RI Osaka sejak Januari lalu.

Tidak seperti acara penaikan bendera tahun-tahun yang lalu, setelah  upacara bendera usai tidak diselenggarakan acara santap siang bersama mengingat upacara kali ini dilakukan di bulan puasa.  Oleh karena itu, setelah upacara usai, para hadirin berfoto bersama dan berbincang-bincang sebentar lalu pamit dan melanjutkan aktivitasnya.

Sore harinya sebelum matahari terbenam diadakan acara penurunan bendera yang dihadiri oleh para staf KJRI Osaka serta para akademisi dari berbagai universitas dan beberapa lembaga Jepang. Setelah itu diadakan acara buka puasa bersama. Acara kali ini juga sekaligus untuk memperpisahkan ibu Dewi Fortuna Anwar, peneliti dari LIPI, yang akan segera mengakhiri masa risetnya di Kyoto University.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>