The First Public Forum on Indonesia “Current Political and Economic Trends”

Sebagai rangkaian kegiatan untuk memperingati HUT RI ke-65, pada tanggal 23 Juli 2010 lalu, bekerjasama dengan Center for Southeast Asian Studies-Universitas Kyoto telah diselenggarakan The First Public Froum on Indonesia dengan tema “Current Political and Economic Trends” di Universitas Kyoto. Acara ini mendatangkan para pembicara baik dari Tokyo maupun dari Indonesia.

Di awal forum, Duta Besar RI untuk Indonesia memberikan keynote speech mengenai ekonomi, dilanjutkan dengan keynote speech oleh Prof. Dr. Shiraishi Takashi yang merupakan Anggota Dewan untuk Kebijakan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Selanjutnya untuk sesi pertama ini diisi oleh Prof. Dr. Syamsuddin Haris yang merupakan Ketua P2P LIPI; Prof. Okamoto Masaaki, dosen CSEAS Kyoto University,  dan Prof. Dr. Dewi Fortuna Anwar yang sedang melakukan penelitian di CSEAS. Dalam sesi pertama ini dibahas mengenai politik Indonesia, mulai dari politik Indonesia dan Presiden SBY setelah tejadinya skandal Bank Century, kekuatan politik Islam di Indonesia, serta hubungan Indonesia Jepang.

Setelah istirahat siang, acara dilanjutkan dengan sesi kedua mengenai ekonomi. Untuk sesi ini, hadir pembicara Prof. Dr. Sri Adiningsih dari Universitas Gadjah Mada; Prof. Dr. Mizuno Kosuke dari CSEAS Kyoto Universtity; dan Ibnu Hadi, Konsul Jenderal RI di Osaka. Dalam sesi ini dibahas mengenai  ekonomi Indonesia saat ini dan strategi untuk pembangunan Indonesia.

Forum kali ini berjalan dengan menarik dan informatif. Baik para hadirin maupun pembicara dapat memperoleh informasi terkini mengenai perkembangan ekonomi dan politik Indonesia. Dari berbagai pembahasan tampak bahwa meskipun ada gejolak dalam kondisi politik Indonesia,  ekonomi Indonesia tetap tumbuh, dan sektor swasta memiliki peran yang cukup besar dalam pembagunan Indonesia. Diharapkan kondisi politik dan ekonomi Indonesia dapat terus membaik.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Kegiatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>