Kunjungan ke Okayama dan Tottori, 7-8 Juli 2010

Konjen RI Ibnu Hadi dan Gubernur Okayama Masahiro Ishii melakukan pertemuan di Kantor Okayama Prefecture pada Rabu, 7 Juli 2010. Konjen RI didampingi Konsul Konsuler, sementara Gubernur Okayama didampingi oleh Mr. Yasuhiro Fuijimoto, Direktur Kerjasama Internasional. Kunjungan kali ini merupakan kunjungan perkenalan bpk. Ibnu Hadi selaku Konjen RI di Osaka yang baru sejak Januari tahun ini. Sebagaimana diketahui bahwa wilayah kerja KJRI Osaka meliputi Kansai, Chugoku dan Shikoku, terdiri dari 17 Prefektur dimana salah satunya adalah Okayama.

Beberapa hal yang mengemuka dalam pembicaraan selama kurang lebih 40 menit antara lain mereka sepakat untuk meningkatkan hubungan kerjasama di bidang ekonomi antara Okayama dengan Indonesia. Dewasa ini terdapat beberapa perusahaan yang berlokasi di Okayama yang telah beroperasi di Indonesia seperti Morishita Industry Co. Ltd. bekerjasama dengan PT Marshol Abadi memproduksi kantong nylon dan jaring mulai dari ukuran biasa hingga ukuran raksasa, serta aluminium foil. Perusahaan lainnya adalah Hagihara Industry Co. Ltd. Bekerjasama dengan PT Hagihara West Java Industry di Karawang yang memproduksi polyolefine flat yarns dan non-woven fabrics. Selain itu masih ada lagi beberapa perusahaan yang telah beroperasi di Indonesia a.l. anak perusahaan Yanma yaitu Serei Industry Co. Ltd.

Dalam rangka kunjungan kerja ke Okayama, Konjen RI yang didampingi Konsul Konsuler, disamping melakukan kunjungan ke Perusahaan Morishita Industry Okayama yang memiliki perusahaan di Indonesia, juga melakukan tatap muka dengan beberapa unsur masyarakat Indonesia di Okayama antara lain, PPI, KMII, Kenshusei, Perawat dan Pengurus Perkumpulan Persahabatan Indonesia Okayama bertempat di International House. Konjen juga memberikan beberapa arahan dan wejangan juga dilakukan dialog dan informasi seputar masalah kekonsuleran/keimigrasian dan pelayanan publik bagi WNI di Jepang.

Pada hari Kamis, tanggal 8 Juli 2010, Konjen RI dan Konsul Konsuler melanjutkan kunjungan kerjanya ke Tottori dan diterima oleh Gubernur Tottori Mr. Shinji Hirai di Wisma Gubernuran Tottori. Sejumlah Direktur dil ingkungan Prefektur Tottori mendamping Gubernur Hirai, termasuk Ketua JETRO Tottori Mr. Yusuke Narita. Dalam Pembicaraan yang penuh keakraban, kedua belah pihak sepakat untuk terus meningkatkan hubungan di bidang ekonomi, perdagangan, dan saling bertukar informasi seputar masalah pariwisata. Konjen RI, juga mencatat bahwa Indonesia telah mengirim sekitar 60 tenaga kerjanya yang
bergerak di bidang pelayaran perikanan ke tiga kota di  wilayah Tottori sejak 2 tahun yang lalu.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Kegiatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>