Menarik Para Lanjut Usia Jepang untuk ke Indonesia

Dengan semakin meningkatnya jumlah usia lanjut di Jepang, jumlah warga Jepang berusia lanjut yang melakukan wisata maupun memilih tinggal di luar negeri untuk menghabiskan masa pensiunnya pun semakin banyak. Untuk itu, KJRI Osaka bekerjasama dengan Garuda Indonesia perwakilan Osaka berupaya melakukan pendekatan agar mereka memilih Indonesia sebagai tujuan wisata jangka panjang.

Salah satu kegiatan yang dilakukan antara lain adalah memenuhi undangan  organisasi non-pemerintah Sinia Shizen Daigaku di Osaka untuk memberikan presentasi mengenai Indonesia bagi 25 orang warga lanjut usia yang tergabung dalam organisasi ini. Mereka tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai Indonesia karena berencana untuk berkunjung ke Indonesia bulan Oktober  mendatang.

Dalam presentasinya, Konsul Jenderal RI menyampaikan secara umum mengenai Indonesia seperti keanekaragaman budaya, flora fauna serta beberapa tempat bersejarah. Secara khusus, Konjen juga menjelaskan kebijakan pemerintah Indonesia mengenai pemberian visa tinggal terbatas bagi para lanjut usia.

General Manager Garuda Indonesia menambahkan mengenai berbagai tujuan utama wisatawan seperti pulau Bali, Yogyakarta, Solo serta pulau Komodo, taman laut Bunaken, gunung Bromo dan Toraja. Dalam kesempatan ini juga disampaikan promosi khusus Garuda ke beberapa tempat di Indonesia.

Pendekatan serta promosi terhadap para senior citizens Jepang diharapkan dapat meningkatkan jumlah pensiunan yang berminat  tinggal di Indonesia. Kebanyakan dari warga Jepang usia lanjut ini tertarik untuk tinggal di Bali dibandingkan beberapa kota lainnya di Indonesia. Dalam 2 tahun terakhir sebanyak 13 orang mengajukan visa ke KJRI Osaka untuk tinggal di Bali.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Kegiatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>