Angklung untuk SD Sambo di Sakai

KJRI Osaka bekerjasama dengan  Garuda Indonesia perwakilan Osaka serta Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia adalah dengan menyumbangkan 1 set angklung kepada Sekolah Dasar (SD) Sambo yang berada di kota Sakai, Prefektur Osaka. Pemberian alat musik angklung ke SD di kota Sakai ini merupakan yang kedua kalinya setelah pada bulan April dilakukan pemberian angklung untuk SD Ichi.

Acara pemberian angklung untuk SD Sambo ini dilakukan hari Selasa, 29 Juni 2010. Sekitar 165 murid kelas 5 SD Sambo serta Kepala Sekolah dan para guru berkumpul untuk mengikuti acara penerimaan angklung. Dalam acara ini hadir pula perwakilan dari pemerintah daerah bidang pendidikan kota Sakai dan ketua Sakai Interchange Association.

Dalam sambutannya, Konjen RI Osaka menyampaikan bahwa pemberian angklung ini merupakan salah satu promosi seni budaya Indonesia dan hal ini tidak terlepas dari upaya Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia untuk menyebarluaskan alat musik angklung ke luar negeri.

Setelah itu, secara simbolis angklung diberikan oleh Konsul Jenderal RI kepada 3 murid SD Sambo dan dilanjutkan dengan demo angklung oleh Konsul Muda Penerangan KJRI Osaka. Sebanyak 20 murid juga berkesempatan mencoba memainkan angklung yang dipandu oleh Konsul Muda Penerangan.

Sebelum acara ditutup, Kepala Sekolah SD Sambo, Mr. Tsuneo Ikuta menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Indonesia yang telah berupaya mendatangkan dan memberikan alat musik angklung ke Sambo Elementary School. Mr. Ikuta akan berupaya agar angklung tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh semua pelajar.

Tahun lalu, KJRI Osaka bekerjasama dengan Garuda Indonesia Perwakilan Osaka juga pernah memberikan angklung kepada 10 SD yang berada di daerah Kobe dan sekitarnya. Angklung yang dibagikan tersebut seluruhnya dibuat dari Saung Angklung Udjo, Bandung. Sebagai puncak dari rangkaian pemberian angklung ke sekolah-sekolah tersebut, diselenggarakan Festival Angklung di Kobe tanggal 28 Juli 2009. Dengan adanya pemberian angklung ini diharapkan anak-anak Jepang serta keluarga dan lingkungan sekolah mereka dapat semakin mengenal dan tertarik dengan Indonesia.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Kegiatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>