Layanan Immigration on Board

Sebagai upaya meningkatkan pelayanan bagi wisatawan asing yang akan berkunjung ke Indonesia, pemerintah Indonesia bersama Garuda Indonesia sebagai flag carrier memperkenalkan layanan “Immigration on Board” bagi penumpang yang akan berangkat dari Kansai International Airport (KIX) menuju Denpasar. Layanan tersebut akan mulai diberlakukan sejak hari Rabu, 2 Juni 2010. Layanan serupa telah lebih dulu dinikmati oleh penumpang Garuda Indonesia dari Narita airport mulai tanggal 1 Februari 2010. Direncanakan layanan ini juga akan diberlakukan untuk penumpang Garuda Indonesia dari jalu-jalur internasional lainnya.

Mereka yang membutuhkan visa untuk masuk ke Indonesia dapat membeli voucher “Visa on Arrival” sebesar US$25 untuk visa kunjungan 30 hari, yang tersedia di counter Garuda Indonesia pada saat check-in di KIX. Harga tersebut sama persis dengan harga Visa on Arrival di counter imigrasi di seluruh Indonesia. Setelah penumpang berada di dalam pesawat, petugas imigrasi yang ada di dalam pesawat akan melakukan pengecekan paspor dan mengeluarkan “Visa on Arrival”. Penumpang akan mendapatkan kartu yang harus dikembalikan kepada petugas imigrasi di bagian imigrasi yang ada di Denpasar. Setibanya di airport Ngurah Rai, Bali, mereka tidak lagi perlu antri di visa on arrival line, cukup menuju ke jalur bagi mereka yang telah memiliki visa, dan mengembalikan kartu yang sebelumnya diterima dari petugas imigrasi di pesawat.

Dengan adanya layanan ini, warga Jepang yang melakukan perjalanan ke Indonesia dapat menghemat waktu dan melakukan perjalanan dengan lancar tanpa harus antri panjang. Diharapkan inovasi ini dapat memberikan kenyamanan lebih baik bagi para pengunjung ke Indonesia.

Osaka, 31 Mei 2010

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Siaran Pers. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>