Promosi Indonesia Selama Golden Week

“Golden Week” di awal bulan Mei merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Jepang karena dari tanggal 1 hingga 5 Mei 2010 masyarakat Jepang menikmati hari libur nasional. Selama libur panjang ini, banyak diselenggarakan event untuk menarik pengunjung yang ingin mengisi waktu liburnya. KJRI Osaka pun turut berpartisipasi dalam 2 acara, yakni Tour Expo 2010 pada tanggal 1-3 Mei dan Indonesian Fair pada tanggal 4-5 Mei.

Tour Expo 2010 merupakan pameran pariwisata terbesar di wilayah Kansai yang diselenggarakan setiap tahun di Intex Osaka. Untuk tahun ini, KJRI Osaka bekerjasama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI serta Garuda Indonesia mengisi paviliun Indonesia dengan promosi pariwisata, produk-produk Indonesia termasuk pojok spa dari Martha Tilaar, dan mini stage.

Selama 3 hari tercatat sebanyak 12.112 pengunjung memadati acara. Sambil melihat-lihat brosur wisata dan produk Indonesia, pengunjung juga tertarik untuk mencoba pijatan ala Indonesia hingga rela mengantri mendapatkan giliran. Pengunjung juga diajak berpartisipasi dalam “vote for Komodo” dengan memilih pulau Komodo sebagai 1 dari 7 keajaiban alam dunia melalui internet yang tersedia di paviliun Indonesia.

Di mini stage paviliun Indonesia dalam 1 hari ditampilkan 6 pertunjukan tari dan musik, yang diselingi dengan pengenalan tentang Indonesia, kuis dan door prize. Pertunjukan tari juga ditampilkan di main stage yang telah disediakan panitia. Khusus untuk pertunjukan tari, Dinas Pariwisata Sumatera Selatan datang menghadirkan tim keseniannya. Di akhir pameran, diadakan acara pembagian door prize dan penarikan undian berupa 1 pasang tiket pesawat Garuda Indonesia Osaka-Denpasar pp.

Kegiatan KJRI Osaka kemudian dilanjutkan dengan penyelenggaraan Indonesian Fair di pusat perbelanjaan Tsukashin, di kota Amagasaki. Acara ini diadakan selama 2 hari bekerjasama dengan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) dan Garuda Indonesia. Dalam acara ini diadakan pameran produk Indonesia, serta pertunjukan angklung, tari Jawa dan Bali, fashion show, demonstrasi batik, poco-poco dan pengenalan mengenai Indonesia. Acara juga dimeriahkan oleh penampilan musik dan tari 17 anak SMP yang tergabung dalam tim kesenian dari Kabupaten Jembrana yang sedang berada di Jepang untuk mengikuti acara Hiroshima Flower Festival hingga tanggal 9 Mei 2010.

Adanya pertunjukan serta pameran Indonesia ini menyedot perhatian para pengunjung. Mereka menunjukkan ketertarikan terhadap Indonesia dan antusias menjawab berbagai kuis mengenai Indonesia. Para pengunjung merasa senang karena dapat mengisi liburan bersama keluarga sambil menikmati pertunjukan seni dan mendapatkan pengetahuan mengenai Indonesia.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Kegiatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>