Travel Agent Gathering

Warga Jepang merupakan salah satu pengunjung terbanyak ke Indonesia. Eratnya hubungan Indonesia dan Jepang khususnya di bidang ekonomi menjadi salah satu pendorong banyaknya jumlah pengunjung tersebut. Mereka yang berkunjung untuk urusan bisnis  sering menggunakan jasa travel agent untuk membantu pengurusan visa ke Indonesia.

Untuk lebih mengenal travel agent, khususnya yang kerap berhubungan dengan KJRI Osaka mengenai pengurusan visa, pada hari Jum’at, 16 April 2010 diadakan pertemuan dengan sekitar 32 peserta dari 23 perusahaan travel agent Jepang di KJRI Osaka. Selain mengenal travel agent, acara ini juga sekaligus bertujuan untuk memberikan informasi seputar masalah visa ke Indonesia dan mendapatkan masukan dari para travel agent mengenai kualitas pelayanan KJRI Osaka.

Acara ini dibuka oleh Konsul Konsuler, Mozes Tandung Lelating, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Konsul Jenderal RI-Osaka, Ibnu Hadi. Dalam sambutannya, Konjen RI antara lain menyampaikan bahwa Indonesia senantiasa meningkatkan pelayanan seperti proses Visa on Arrival dan immigration on board. Setelah sambutan dari Konjen RI, wakil dari travel agent, Norichika Kawase, Deputy Branch Manager Sankei Tourist Inc. yang antara lain menyampaikan bahwa jumlah wisatawan Jepang ke Indonesia yang sebagian besar merupakan para pelajar, keluarga serta kalangan bisnis, sedikit menurun akibat adanya krisis ekonomi.

Selanjutnya masing-masing perwakilan dari travel agent berkesempatan memperkenalkan diri serta menyampaikan pertanyaan maupun komentar. Isu menarik yang muncul dalam sesi ini antara lain adalah usulan dari travel agent agar formulir pengurusan visa dapat diunduh dari internet, serta harapan agar pengurusan multiple entry visa dapat dipermudah.

Dalam acara ini juga hadir GM Garuda Indonesia perwakilan Osaka beserta wakilnya. Pihak Garuda Indonesia menyampaikan bahwa sistem immigration on board telah diberlakukan pada penerbangan Garuda Indonesia dari Narita ke Denpasar, sedangkan untuk penerbangan dari Kansai International Airport masih dalam proses.

Setelah acara ramah tamah para perwakilan travel agent pun kembali melaksanakan aktivitasnya masing-masing.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Kegiatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>