Pagelaran Seni Budaya Perkawinan Adat Jawa (Yogyakarta)

Pada hari Sabtu, 13 Maret 2010 bertempat di Kobe Bay Sheraton Hotels and Towers, KJRI Osaka telah menyelenggarakan pertunjukan seni budaya yang dilakukan melalui pagelaran perkawinan adat Yogyakarta, sebagai rangkaian acara Indonesian Fair sepanjang bulan Maret. Pagelaran tersebut dilakukan dengan melibatkan unsur staf KJRI Osaka, pelajar/masyarakat Indonesia, pemain gamelan yang tergabung dalam sanggar seni Lintang Sisik pimpinan Sakuma dan Wiyantari, pakar gamelan asal Jepang, Prof. Nakagawa serta Rofit dan istri dari sanggar Hana Joss.

Pagelaran didahului dengan ucapan selamat datang dari Konsul Jenderal RI-Osaka, Bapak Ibnu Hadi, di hadapan sekitar 150 masyarakat Jepang. Pagelaran perkawinan adat Jawa tersebut memakan waktu kurang lebih 1,5 jam. Pembawa acara menjelaskan secara rinci makna setiap proses kepada para hadirin dari acara lempar sirih, pecah telur, bopongan makan ketan, nasi kuning, minum kopi, kacar kucur pemberian uang receh serta sungkeman. Setiap prosesi diikuti oleh para hadirin dengan antusias. Pada akhir acara dipertunjukkan 2  tarian yaitu tari gambyong parianom dan tari topeng sumiyar. Acara ditutup dengan foto bersama pengantin dengan para hadirin.

Selain pagelaran perkawinan adat Jawa tersebut, selama hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Maret 2010 juga diadakan bazaar produk Indonesia, belajar membatik, pertunjukan tari anak-anak, pertunjukan angklung oleh PPI Kobe dan Kobe-Indonesian Society (KIS), dan belajar bermain angklung di Atrium Court lantai 1 Hotel Kobe Bay Sheraton. Acara ini tidak dipungut biaya dan bagi yang berminat silakan menghadiri acara ini.

Photo acara diatas dapat anda lihat  di Album Photo!

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Kegiatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>